Apa Saja Jenis – Jenis Fitting Pada Pipa? Inilah Jawabannya

Fitting memiliki peranan sangat penting dalam sistem pemipaan dan dunia properti, bahkan fitting sendiri bisa dikatakan sebagai alat setting pemipaan, yang mampu mengatur kemana arah aliran tersebut, bahkan arah aliranya pun bisa sesuai dengan rencana kita . Tidak hanya mengatur arah saluran saja, fitting juga bisa mngonntrol jumlah volume air yang dialirkannya, baik itu memperbesar maupun mengecilkan aliran.

Ilustrasi Jenis Fitting Pipa
Fitting Pipa

Jenis - Jenis  Fitting Pipa Yang Sering Digunakan


Ada banyak jenis-jenis fitting pipa yang bisa kita pelajari dan manfaatkan, yuk simak informasi lengkapnya dibawah ini:

  • Fitting Elbow

Fitting Elbow
Fitting Elbow

Fitting elbow memiliki fungsi sebagai alat untuk membelokkan arah aliran. Fitting elbow tersedia dalam beberapa type ada tipe sort radius dan long radius. Antara pipa masukan dan pipa keluaran memiliki diameter yang sama.

  • Fitting Reducer

Fitting Reducer Rucika
Fitting Reducer Brand Rucika

Sesuai namanya fitting reducer ini digunakan sebagai media untuk mengurangi atau mengecilkan aliran, dari aliran yang besar menjadi aliran yang lebih kecil, hal ini disebabkan karena adanya penggunaaan atau penggabungan dua jenis pipa yang masing-masing ukuran diameternya berbeda.

  • Fitting Tee Stuck

Fitting Tee Pipa Rucika
Fitting Tee Pipa Brand Rucika

Fitting tee stuck ini bentuknya seperti hurup T kapital, fitting ini berfungsi untuk membagi aliran menjadi dua arah kanan dan kiri, fitting tee stuck ada  dua type, ada type straight tee yaitu setiap  pipa ukuran diameternya sama, sedangkan untuk ukuran diamternya yang berbeda itu disebut dengan fitting reducing tee.

  • Fitting Stub-in

Fitting Pipa Stub-in
Fitting Pipa Stub-in

Fitting Stub-in bentuk dan fungsinya hampir sama dengan tee, hanya saja fitting tee dengan pipa itu suatu komponen yang terpisah sebelumnya, sedangkan Stub-in antara  fitting dengan pipa itu sudah menjadi satu kesatuan atau satu komponen , perbedaan lainnya dari tee dan Stub-in terlihat dari bentuk atau ukuran diameter pipa utamanya berbeda karena ukurannya lebih kecil. 

  • Fitting Cap / Penutup

Fitting Cap
Fitting Cap/Penutup Brand Rucika 

Fitting Cap/penutup adalah sambungan pipa yang fungsinya untuk menutup aliran yang berada di ujung pipa, alat ini sifatnya sangat fleksibel, bisa di pasang dan dilepas dengan mudah, fitting ini dipasang dengan cara di las atau bisa juga menggunakan bantuan flange. Flange sendiri merupakan sambungan pipa yang  fungsinya sebagai pengencang pipa, sambungan pipa ini sifatnya tidak permanent karena cara pengencangannya menggunakan baut, jadi mudah dibongkar pasang kembali.

Itulah macam-macam fitting pada pipa yang bisa dijadikan opsi dan referensi pada saat pemasangan pipa dirumah anda nanti,pipa dan aksesorisnya bisa anda temui di toko-toko bangunan terdekat.

Post a Comment

0 Comments